Bersama UNY, Sleman Gelar Pelatihan Bahasa Inggris Bagi UMKM

SLEMAN – Dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa inggris bagi UMKM, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman melalui PLUT Sleman pada tanggal 19,22,26,29 April 2021 telah menyelenggarakan Pelatihan Bahasa Inggris secara on line. Pelatihan ini ditujukan untuk para pelaku UMKM yang berada di Kabuaten Sleman.

Adapun pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Prodi Sastra Inggris Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Karena kondisi masih dalam masa pandemi Covid 19, maka kegiatan ini dilaksanakan secara on line (media Zoom Meeting).

Pelaksanaan pelatihan bahasa ini adalah pertama kalinya dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Sleman, dengan harapan bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. Mengangkat tema ‘Business English for Beginners’, pelatihan ini diikuti oleh 20 UMKM.

Dalam pembukaan pelatihan, Dr. Widyastuti Purbani perwakilan dari UNY menyampaikan bahwa pihaknya menyambut dengan sangat baik program pelatihan bahasa Inggris ini karena juga sebagai bentuk pengabdian UNY kepada masyarakat. Oleh karena itu, dirinya berharap bisa terus melanjutkan kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, sehingga akan banyak Pelaku UMKM bisa mengikuti program ini.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini diampu oleh Dosen bahasa Inggris UNY dan dibantu oleh mahasiswanya.

Materi yang diajarkan untuk kali ini adalah tentang greeting, numbering, buying & selling. Materi ini merupakan dasar yang bisa langsung diterapkan oleh UMKM saat melaksankan transaksi usahanya. Pelatihan diselenggarakan dengan sangat baik dan peserta berharap bisa melanjutkan ke level pelatihan berikutnya. Dan untuk rencana ke depan bila kondisi telah baik, pelatihan bahasa ini bisa dilaksanakan secara offline agar lebih optimal. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *