Workshop Ecoprint Cement Paper di Pasar Lebaran 2021

SLEMAN – Berbagai kegiatan pendukung digelar pada rangkaian acara Pasar Lebaran 2021 yang digelar di area Garden Sleman City Hall pada 29 April hingga 2 Mei 2021. Kegiatan itu meliputi berbagai agenda workshop, lomba menyanyi, kuis dan kegiatan menarik lainnya.

Pada Sabtu 1 Mei 2021 ini, agenda workshop diisi dengan kegiatan pengenalan ecoprint cement paper atau pembuatan kerajinan dari kertas semen dengan prinsip reduce, reuse dan recycle.

Adapun ecoprint merupakan sebuah kegiatan mencetak pola dari tanaman (biasanya) di atas kain. Lantaran prosesnya yang merupakan kegiatan mencetak pola, sehingga memiliki potensi bahan cetaknya yang tak hanya terbatas pada kain saja.

Salah satunya adalah dengan media kertas semen yang merupakan limbah sisa yang sering kali hanya dibuang begitu saja tanpa ada upaya untuk menciptakan nilai tambah.

Padahal ini sangat potensial untuk menggantikan kain lantaran memiliki karakter kuat dan punya ketahanan tinggi. Sehingga dengan demikian, kertas semen berpotensi untuk dijadikan bahan cetak pola ecoprint.

Hasil dari ecoprint di kertas semen
dapat diaplikasikan sebagai bahan baku pembuatan tas, hardcover, kemasan, packaging. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *