Wakil Bupati Sleman Ajak Warga Kunjungi Pasar Lebaran Virtual 2021

SLEMAN – Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengajak warga untuk menggunakan platform virtual tour Pasar Lebaran 2021 yang bisa diakses melalui website Dinkop UKM Sleman. Hal itu ia sampaikan dalam acara penutupan Pasar Lebaran 2021 yang berlangsung di Area Garden Sleman City Hall, pada Minggu (2/5/2021).

Pameran penjualan produk yang digelar secara online ini menurutnya merupakan salah satu langkah positif dalam membantu memulihkan situasi usaha yang terdampak pandemi covid-19.

Upaya yang dapat dilakukan, katanya, yakni dengan meningkatkan promosi secara luring dan daring.

“Meski ada keterbatasan pertemuan manusia, tapi ada promosi digital yang bisa memberikan dampak pada penjualan,” katanya.

Lebih lanjut, Danang mengakui bahwa agenda Pasar Lebaran ini menjadi ajang pembinaan UMKM di Kabupaten Sleman. Selain itu tentu saja menjadi ajang promosi dalam memperkenalkan produk-produk potensial di Kabupaten Sleman.

Namun, pameran luring ini berlangsung selama 4 hari.

“Pameran ini, secara luring, memang ditutup. Namun, ada pameran yang berlangsung secara daring mulai 1-21 Mei 2021. Pengunjung bisa melakukan transaksi lewat situ,” tambahnya Danang.

Bagaimana caranya?

Warga dapat mengunjungi link bit.ly/pasarlebaranvirtual2021, kemudian tinggal mengikuti petunjuk arah yang terdapat dalam layar.

Pengunjung bisa menjelajahi seluruh stan dalam panorama kamera 360 derajat.

Lewat platform ini, pengunjung juga bisa melakukan transaksi atau menghubungi penjual.

Terdapat icon Instagram, untuk menuju ke akun instagram penjual atau pemilik booth, kemudian ada icon WhatsApp untuk menghubungi penjual serta ada icon keranjang belanja untuk membuka katalog produk.

“Harapannya, walaupun sudah tutup, tapi ada transaksi secara daring dari situs yang sudah disediakan. Ini menjadi kesempatan untuk berbelanja lebih banyak,” jelasnya.

Sebagai penutup, Danang mengajak masyarakat untuk menggunakan sarana virtual sebaik-baiknya sehingga ada lonjakan transaksi yang meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.

GKR Bendara Berharap Agenda Pasar Lebaran Digarap Berkelanjutan

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara yang juga hadir dalam acara penutupan Pasar Lebaran ini berharap agar agenda serupa bisa digarap berkelanjutan. Lantaran hal ini dinilai strategis dalam upaya promosi potensi daerah di bidang UMKM.

GKR Bendara yang hadir sebagai Ketua International Council for Small Business (ICSB) DIY ini, mengatakan bahwa selama masa pandemi covid-19 ini memang banyak pelaku UMKM yang harus melakukan adaptasi dengan situasi yang baru ini. Untuk bisa bertahan, mereka harus berinovasi sehingga masih tetap bisa bertumbuh di masa pandemi.

“Semoga kegiatan ini menjadi peluang untuk maju dan berjuang lagi,” katanya.

GKR Bendara juga meminta agenda seperti ini bisa berlangsung secara berkelanjutan agar UMKM memiliki wadah untuk promosi.

Pihaknya selalu siap untuk membantu meningkatkan perkembangan UMKM di Sleman maupun DIY agar kesejahteraan meningkat.

Sembako Murah Diserbu Pengunjung

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Pustopo mengungkapkan bahwa 4 hari gelaran Pasar Lebaran 2021 telah sukses menarik perhatian pengunjung.

Selain berbelanja berbagai produk lainnya, para pengunjung juga tampaknya tertarik dengan adanya penjualan produk sembako murah.

Di Pasar Lebaran 2021 ini, memang tersedia penjualan sembako murah. Semisal gula pasir yang berhasil terjual kurang lebih 3 kuintal. Komoditi beras berhasil terjual hingga 1 kuintal, serta minyak goreng sebanyak 226 liter terjual serta telur ayam sebanyak 64 kilogram.

Adapun harga telur ayam dibanderol Rp 18,500 per kilogram, gula pasir Rp 10 ribu per kilogram, beras C4 Rp 22 ribu per 2,5 kilogram dan minyak goreng yang dibanderol Rp 25 ribu per dua liter.

Penjualan sembako murah ini terlaksana berkat kerjasama dengan berbagai sponsor yang turut membantu memberikan subsidi produk. Selain itu, barang-barang ini pun berasal dari tempat grosir, sehingga harganya pun bisa semakin murah.

“Meskipun hanya 4 hari, tapi transaksinya luar biasa,” katanya. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *