KONSULTASI PLUT : Mengenal Tren Marketing Tahun Ini

Marketing memainkan peranan yang penting dalam menjalankan bisnis. Tak terkecuali bagi para pelaku usaha mikro, kecil maupun menengah. Marketing atau pemasaran ini bahkan menjadi ujung tombak bagaimana performa usaha secara keseluruhan. Namun strategi marketing tentu saja masih perlu dikombinasikan dengan faktor lainnya semisal, product, pricing, packaging, serta promoting.

Berbicara mengenai marketing, Anda perlu tahu beberapa tren pemasaran tahun ini. Berikut uraiannya ;

1. Content marketing

Content marketing akan terus digunakan di tahun-tahun selanjutnya karena sangat efektif. Data menunjukkan bahwa content marketing telah membantu 96% content marketer mencapai target yang diinginkan. Selain itu, 90% marketer B2B mengutamakan penyediaan informasi yang klien inginkan dibanding pesan sales atau promosi perusahaan. Menurut Finances Online, industri content marketing bisa mencapai lebih dari 400 miliar dolar AS pada tahun 2021 ini.

2. Video

Video bisa menyampaikan lebih banyak hal dibanding tulisan. Selain itu, memahaminya pun lebih mudah. Video saat ini telah “menguasai” ranah digital. Oleh karena itu, strategi marketing yang memanfaatkan video pun semakin populer. Hingga saat ini, 80% traffic konsumen atau pengguna di dunia maya meliputi streaming video. Di tahun-tahun berikutnya, tentu angkanya semakin meningkat. Saat ini, konsumen lebih suka melihat konten video oleh brand.

3. Media sosial

Social media marketing merupakan strategi jitu bagi perusahaan atau bisnis untuk membuat koneksi yang terasa tulus dengan para konsumen. Hubungan yang dibangun dengan social media marketing terasa personal, sehingga tren marketing ini penting untuk tetap dipertahankan di tahun –tahun berikutnya agar hasil pemasaran signifikan dan memuaskan.

4. Micro influencer

Menggunakan influencer dengan follower banyak telah menjadi tren dalam dunia marketing untuk waktu yang cukup lama. Akan tetapi, untuk tren marketing tahun 2021, diperkirakan brand-brand akan beralih menggunakan micro influencer. Biasanya, milenial lebih percaya pada micro influencer, dan hasil engagement-nya pun lebih tinggi. Sekitar 70% konsumen dalam rentang usia ini lebih sering melakukan pembelian jika direkomendasi oleh teman atau orang yang dekat dengannya. Oleh karena itu, marketing yang bekerja sama dengan micro influencer yang memiliki hubungan baik dan dekat dengan follower-nya akan jauh lebih sukses.

Anda ingin mengetahui secara lengkap atau berdiskusi terkait tren marketing ini? Bergabunglah di program acara ‘Warung Sebelah’ yang disiarkan melalui Trijaya FM pada Kamis, 20 Mei 2021 mulai pukul 10.15 WIB. Anda bisa bertanya maupun berdiskusi bersama Konsultan PLUT Sleman, Bayu Bharotodiasto dengan mengirimkan pesan melalui nomor 081998009700. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *