50 Pelaku Usaha Kuliner Peroleh Penyuluhan Keamanan Pangan

SLEMAN – Sebanyak 50 pelaku usaha di bidang kuliner di Kabupaten Sleman memperoleh Bimbingan Teknis tentang Keamanan Pangan. Acara yang digelar oleh Kementerian Koperasi UKM dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman ini berlangsung mulai tanggal 4 Juni hingga 5 Juni 2021 di The Alana Hotel & Convention Center.

Pada sesi hari Jumat, 4 Juni 2021 ini para peserta memperoleh penjelasan tentang Keamanan Mutu Regulasi Pangan dari Seksi Farmasi dan Kesehatan Makanan dan Minuman, Gunarto, SKM, MSc. Kemudian ada pula dari BPOM Yogyakarta, Artika Antasari, STP yang menyampaikan materi Teknologi Proses Pengolahan. Serta ketiga yakni Octavianto Bangunjaya, S ST yang merupakan sanitarian dari Dinas Kesehatan Sleman dengan materi Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga.

Bimbingan teknis dan penyuluhan ini diisi dengan 8 materi inti dan 1 materi pengayakan untuk mendapatkan Sertifikat PKP (Penyuluhan Keamanan Pangan). Ini menjadi salah satu syarat untuk mendapat ijin edar makanan yaitu SP-IRT.

Adapun para peserta ini berasal dari seluruh wilayah di Kabupaten Sleman. Mereka sebelumnya menjalani tahapan seleksi, mulai dari administrasi hingga wawancara. Seluruh rangkaian acara ini ditutup pada hari Sabtu, 5 Juni 2021. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *