Inspirasi Usaha : Kiat Sukses Berbisnis Anggrek dari Titi Orchid

Bisnis anggrek seperti yang dijalankan Titi Orchid memberikan peluang ekonomi yang menjanjikan. Namun selain itu, bisnis anggrek juga merupakan cara dalam melestarikan

Sri Suprih Lestari, merupakan salah satu pelaku usaha budidaya anggrek yang boleh dibilang sukses. Ia mengembangkan usaha dengan brand Titi Orchid.

Namun kesuksesan yang ia raih sekarang tidak terjadi dalam waktu singkat. Melainkan butuh perjuangan dan strategi bisnis yang tepat.

“Semua yang diawali dengan Bismillah, Insyallah diakhiri dengan Alhamdulillah,” katanya.

Ia menjabarkan bahwa untuk berbisnis anggrek, maka pengetahuan adalah hal yang paling penting. Yakni pengetahuan seputar anggrek, peluang bisnis serta seluk beluk pemasarannya. Ia menyarankan agar belajar secara teori dan praktek tentang budidaya anggrek. Selain itu, ia juga menyarankan untuk belajar tentang wirausaha.

Hal lainnya yakni urusan modal.

Penting untuk menghitung modal usaha dan prospek laba.

Masalah lokasi juga perlu menjadi pertimbangan. Lantaran ini berhubungan dengan kondisi tanah, ketersediaan air, infrastruktur, lingkungan sekitar serta nantinya terkait dengan masalah operasional.

Para pemula, menurut dia harus kreatif, gigih dan pantang menyerah. Meliputi kreatif dalam mengembangkan pasar, kreatif dalam mengembangkan keunikan, gigih dan ulet dalm menjalankan usaha, serta pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi masalah yang timbul.

Pada akhirnya, keberhasilan usaha akan sangat dipengaruhi oleh adanya dukungan. Baik itu dukungan dari keluarga, karyawan serta masyarakat sekitar.

Seperti apa kiat dan tips-tips dalam mengembangkan usaha budidaya anggrek lainnya?

Simak selengkapnya dalam program Warung Sebelah yang ditayangkan di Trijaya FM pada Kamis, 24 Juni 2021 mulai pukul 10.00 WIB. Anda bisa ikut serta berdiskusi atau memberikan pertanyaan melalui nomor WhatsApp 081998009700.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *