Konsultasi PLUT : Tips Menyiapkan Karyawan yang Handal

Konsekuensi usaha yang semakin maju dan berkembang salah satunya adalah adanya kebutuhan untuk menambah jumlah karyawan. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi dan melayani bertambahnya konsumen serta untuk menjangkau wilayah pemasaran yang kian luas.

Namun tidak mudah untuk merekrut karyawan yang sesuai dengan visi, misi maupun budaya kerja di perusahaan. Diperlukan kejelian dan ketelitian ketika melakukan rekrutmen. Selanjutnya, Anda perlu melakukan pendampingan agar karyawan baru Anda bisa segera menyesuaikan diri dengan usaha Anda.

Nah apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan untuk mendapatkan karyawan yang handal?

1. Tetapkan target pekerjaan

Dengan memiliki target yang telah ditetapkan, tentunya akan memberikan rasa tanggungjawab yang lebih terhadap pekerjaan dari karyawan tersebut, dengan demikian karyawan akan lebih terarah dan bahkan bisa melakukan pekerjaan melebihi target yang telah ditetapkan. Hal tersebut dapat membentuk karyawan yang handal di bidangnya.

2. spesifikasi karyawan

Memiliki sebuah usaha akan jauh lebih baik bila memiliki visi dan misi usaha, dengan memiliki visi dan misi tersebut, perusahaan akan menjalankan tujuan usaha dengan lebih jelas.

Dengan adanya tujuan tersebut perlu Anda jabarkan detil kualifikasi kemampuan teknis dan non teknis yang dibutuhkan karyawan.

Dengan demikian Anda bisa tahu pasti kualifikasi dan spesifikasi dari setiap karyawan yang kita rekrut untuk mewujudkan tujuan yang akan diraih.

3. Sistem kerja yang jelas

Sistem kerja yang jelas akan menjadi sebuah panduan kerja yang memudahkan setiap karyawan dalam bekerja, berkoordinasi, dan menjalankan inisiatif lapangan yang efektif dan efisien.

Mereka harus tahu juga peran masing-masing dalam pencapaian tujuan, selain itu mereka juga perlu tahu bagaimana sinergi yang diperlukan antar divisi/personal.

4. Training berkelanjutan

Training ini harus berkelanjutan, terus dilakukan sesuai dengan level kualifikasi yang terus meningkat juga sesuai dengan tingkat pekerjaan yang semakin sulit. Perlu juga dilakukan recall training (training pengulangan) yang bertujuan untuk refreshment dan mengkalibrasi kemampuan dari tim kita.

5. Evaluasi

Setiap pekerjaan memerlukan penilaian, apakah hasil pekerjaan sudah sesuai yang diharapkan, dibawah standar yang diinginkan, atau diatas target yang sudah ditetapkan. Dari hasil penilaian performa yang di dapat, kita harus analisis apa penyebabnya.

Bahasan tersebut di atas akan menjadi materi konsultasi PLUT ‘Warung Sebelah” yang akan ditayangkan di Trijaya FM pada Kamis 1 Juli 2021 pada pukul 10.00 WIB. Anda bisa ikut serta dalam diskusi atau bertanya melalui nomor WhatsApp 081998009700

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *