Konsultasi PLUT : Mengelola Resiko Usaha

Mendirikan usaha adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat membantu perkembangan kehidupan ekonomi seseorang ataupun suatu kelompok. Sementara itu, usaha yang berkembang dan sukses adalah usaha yang bisa menemukan dan memaksimalkan kesempatan, memenuhi kebutuhan konsumen atau bahkan yang bisa menciptakan kebutuhan / trend yang baru untuk konsumen serta dikelola dengan baik.

Namun saat menjalankan usaha perlu diperhatikan resiko dan cara pengelolaan yang baik, agar usaha yang kita jalankan bisa bertahan pada saat kondisi tidak baik, dan melanjutkan untuk bisa bertumbuh kembang kembali.

Resiko adalah kemungkinan terjadinya suatu hal yang buruk atau yang tidak diinginkan dalam usaha. Pengelolaan resiko yang efektif berkaitan dengan usaha-usaha yang dilakukan untuk, sedapat mungkin, mengendalikan kemungkinan terjadinya sesuatu di masa yang akan datang dengan proaktif dan bukan reaktif. Dengan kata lain pengelolaan resiko yang efektif memberikan potensi untuk mengurangi terjadinya resiko dan akibatnya. Jadi resiko dalam bisnis itu tidak bisa dihilangkan, hanya bisa dikelola, dihindari atau diminimalkan akibatnya.

Berikut beberapa resiko usaha yang perlu diperhatikan saat menjalankan usaha:
1. Keuangan
2. Produk berkualitas
3. Relevansi Produk dan Inovasi
4. Reputasi dan Komunikasi Brand
5. Kontinuitas Supply dan Operasional
6. Ketaatan pada Peraturan dan Legal
7. Sumber Daya Manusia dan Kemampuannya
8. Adaptasi dan Implementasi Digital

Simak penjelasan selengkapnya melalui program Warung Sebelah yang disiarkan melalui Trijaya FM pada Kamis, 2 September 2021 mulai pukul 10.00 WIB. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *