Empat Hari Pasar Lebaran 2022, Catatkan Omset Rp 183 Jutaan

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyerahkan gununggan kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, R Haris Martapa menandai berakhirnya gelaran Pasar Lebaran 2022 di Hartono Mall, Minggu (17/4/2022)

SLEMAN – Gelaran Pasar Lebaran 2022 di Hartono Mall resmi berakhir pada Minggu (17/4/2022). Acara pameran yang berlangsung selama 4 hari tersebut, berhasil mencatatkan omset senilai Rp 183 jutaan yang diperoleh dari berbagai penjualan produk-produk UKM yang dipamerkan. Jumlah ini meningkat sekitar 28 persen dibandingkan dengan penyelenggaraan pameran serupa pada tahun sebelumnya.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa yang hadir dalam acara penutupan itu menekankan pentingnya peningkatan kualitas produk lokal agar mampu bersaing di pasaran yang lebih luas. Dengan begitu, masyarakat tak akan ragu menggunakan produk lokal lantaran tak kalah mutu dan kualitasnya.

“Sehingga nantinya bisa bersaing secara mandiri dan sportif,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, R Haris Martapa dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakat yang tidak sempat mengunjungi Pasar Lebaran 2022, masih bisa mengunjungi pameran itu secara virtual, yakni melalui website kendisembada.com.

Di Kendi Sembada, masyarakat bisa menemukan lebih banyak produk-produk UKM Sleman. Tercatat sudah ada 277 UMKM dengan 532 produk. Mereka berasal dari produsen produk-produk fesyen, craft, snack, cake, bakery, minuman, flora, hingga produk-produk yang berasal dari koperasi di Sleman.

Haris menekankan, ini merupakan salah satu upaya Sleman dalam mendorong perputaran ekonomi masyarakat utamanya di kalangan para pelaku UMKM, yang sempat lesu akibat Pandemi Covid-19. Selain itu, dengan digelarnya pameran virtual maka diharapkan para pelaku UMKM dapat masuk ke pasar-pasar lainnya yang mungkin selama ini belum terjangkau. Hal ini sejalan dengan sifat platform digital yang memang bisa diakses kapan pun, di mana pun, dan oleh siapa pun.

Dirinya berharap langkah ini bisa merangsang para pengusaha produk lokal untuk lebih berdaya saing utamanya ketika dihadapkan dengan pasar terbuka yang dibanjiri tak hanya produk lokal lainnya, tapi juga produk-produk dari luar negeri.

Sebagai informasi, acara Pasar Lebaran 2022 digelar di Hartono Mall sejak Kamis (14/4/2022) hingga Minggu (17/4/2022). Sebanyak 70 pelaku UMKM di Kabupaten Sleman ikut serta dalam pameran bertema Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman tersebut. Mereka berasal dari berbagai kategori produk antara lain fesyen, kuliner, hingga kerajinan atau craft. Selain pameran, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai macam lomba semisal lomba stand up comedy, smart campaign Sleman, lomba menyanyi, lomba menghias caping, hingga lomba membuat hampers. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.