Sleman Tuntas Gelar Bimtek Bagi Seluruh Enumerator Pendataan

SLEMAN – Kabupaten Sleman telah selesai menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Enumerator Pendataan pada Kamis (28/4/2022). Bimtek tersebut terbagi atas tiga sesi yang digelar selama tiga hari dari Selasa hingga Kamis ini.

Pada pelaksanaan Bimtek hari pertama, Selasa (26/4) kemarin, total ada 62 orang yang ikut dalam bimbingan teknis tersebut. Mereka merupakan perwakilan dari Kapanewon Ngaglik, Ngemplak, Gamping, Godean, dan Kapanewon Kalasan.

Sedangkan pada hari kedua, digelar bimtek untuk 60 orang enumerator pendataan dari Kapanewon Cangkringan, Mlati, Moyudan, Minggur, Depok, dan Kapanewon Pakem. Selanjutnya pada hari Kamis (28/4/2022) Bimtek digelar untuk 61 orang Enumerator Pendataan dari Kapanewon Prambanan, Seyegan, Sleman, Tempel, Turi, dan Berbah.

Sehingga dengan demikian, hingga tiga hari penyelenggaraan bimtek, para enumerator pendataan yang berjumlah 183 orang tersebut sudah seluruhnya mengikuti bimbingan teknis.

Kepala Dinas KUKM Sleman, R Haris Martapa yang hadir dalam acara penutupan bimtek itu menekankan bahwa pendataan ini merupakan sebuah kegiatan yang bersifat penting. Karena dengan kevalidan data yang dimiliki akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri dalam mengembangkan UMKM di Indonesia pada umumnya dan di Kabupaten Sleman pada khususnya. Selain itu juga disampaikan bahwa para enumerator wajib dan harus berpegang teguh terhadap aturan yang berlaku dan menjunjung tinggi prinsip – prinsip kejujuran.

Sebagai informasi, dalam Bimtek ini dijelaskan bagaimana alur kerja, mekanisme serta cara validasi data pelaku usaha ke dalam aplikasi Sistem Informasi Data Tunggal atau SIDT.

Validasi data ini memainkan peranan yang sangat penting agar data yang dimiliki dan dimasukkan merupakan data yang akurat berkesesuaian serta dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga nantinya data tersebut dapat digunakan secara tepat untuk menunjang percepatan laju pertumbuhan ekonomi serta sebagai dasar pengambilan keputusan ke depannya.

Kegiatan bimtek ini diikuti para enumerator terpilih dari perwakilan 17 kapanewon yang ada di Kabupaten Sleman. Setelah kegiatan ini diharapkan para enumerator terpilih dapat memahami, dan menyelesaikan permasalahan yang muncul di lapangan ketika mereka bertugas nanti. (Rz)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.