Bimtek Digital Marketing Tingkat Lanjut | Studi Tiru Ke Jawa Barat
SLEMAN – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman yang bekerja sama dengan NaZMa Office melaksanakan studi tiru ke Kota Bandung. Kegiatan tersebut diikuti oleh para pelaku UMKM muda berasal dari Kapanewon Depok, Kalurahan Tegaltirto, Kalurahan Margomulyo, dan Kalurahan Banyurejo dengan masing-masing kelurahan mengirimkan 20 peserta. Kegiatan studi tiru tersebut berlangsung selama 3 hari, yaitu sejak hari Senin (20/05) sampai dengan Rabu (22/05).
Bandung Creative Hub sebagai tujuan pertama merupakan suatu wadah dalam menjembatani antara akademisi, komunitas, pebisnis, pemerintah, serta media dalam bidang ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif yang terdapat dalam tempat tersebut terdapat 17 sub sektor, yakni pengembangan permainan, musik, seni rupa, arsitektur, fashion, kuliner, dan lain sebagainya. Peserta diajak untuk mengeksplorasi berbagai hal yang ada di dalam bangunan tersebut.
Tujuan kedua dari studi tiru adalah Kampung Rajut. Selain diajak mengelilingi lokasi tersebut, peserta juga diberi selayang pandang mengenai asal usul Kampung Rajut hingga mampu menjajakan produknya hingga ke luar kota.
“Peserta harus pintar-pintar dalam menentukan tanggal-tanggal bundling untuk melakukan promosi barang dagangannya,” Tutur Kang Eka yang memaparkan mengenai Kampung Rajut.
Di Kampung Rajut, peserta juga diajak untuk melakukan langkah kecil dalam upaya promosi produk dagangannya dengan cara saling follow akun sosial media sesama peserta studi tiru. Langkah ini merupakan salah satu langkah dalam memanfaatkan kemajuan teknologi melalui E-Commerce dan sosial media.
Tujuan terakhir dari studi tiru ini yakni Tahu Susu Lembang, dimana peserta diajak untuk melihat secara langsung produksi tahu susu. Peserta juga diberitahu tentang cara Tahu Susu Lembang melakukan branding, yaitu melalui WhatsApp Business dan Instagram. Fungsi dari penggunaan sosial media tersebut adalah untuk menarik konsumen datang ke toko. Tahu Susu Lembang juga tak jarang menggandeng pihak media untuk meliput setiap agenda yang ada dengan tujuan agar masyarakat lebih familiar dengan Tahu Susu Lembang. Selain itu, promosi yang dilakukan juga mengikuti perkembangan yang sedang tren seperti saat ini yaitu dengan melakukan pembuatan reels sebagai salah satu upaya untuk dapat meningkatkan penjualan. Promosi yang Tahu Susu Lembang lakukan juga dengan cara mengajak para influencer untuk memberikan review lokasi tersebut yang sesuai dengan segmen konsumennya.
0 Comments