Prosedur Pelayanan Informasi
Regulasi Pelayanan Informasi Pemerintah Kabupaten Sleman
- Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik lihat disini
- Peraturan Bupati Sleman Nomor 49 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Nomor 22.4 Tahun 2022 tentang Pedoman pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik lihat disini
- Peraturan Bupati Sleman Nomor 22.4 Tahun 2022 tentang Pedoman pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik lihat disini
Download Formulir Permohonan Informasi
Permohonan Informasi melalui e-PPID Kabupaten Sleman
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)
Laporan Tahunan Pelayanan dan Pengelolaan Informasi Publik PPID Kabupaten Sleman
Download Laporan Tahunan Pelayanan dan Pengelolaan Informasi Publik PPID Kabupaten Sleman
Tim Pelaksana Pelayanan Publik
Download Tim Pelaksana Pelayanan Publik Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman
Alur Permohonan Informasi
DESK LAYANAN INFORMASI PPID PELAKSANA
Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
Alamat: Jalan Parasamya, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kab.Sleman, Yogyakarta, 55511
Telepon (0274) 865473
Laman: dinkopukm.slemankab.go.id
DESK LAYANAN INFORMASI PPID UTAMA
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman
Alamat: Kompleks Kantor Bupati Sleman, Jalan Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta, 55511
Telepon/Faksimile: (0274) 868 405
Laman: ppid.slemankab.go.id, Surel: ppid@slemankab.go.id
WAKTU LAYANAN INFORMASI
Senin – Kamis : 08.00 – 15.00 WIB
Jum’at : 08.00 – 14.30 WIB
Istirahat : 12.00 – 13.00 WIB
Maklumat Pelayanan Informasi Publik
Hak-hak Pemohon Informasi
Biaya Permohonan Informasi Publik
Biaya penggandaan dan pengiriman salinan informasi publik dalam bentuk fisik dibebankan kepada pemohon informasi publik. (Peraturan Bupati Sleman Nomor 22.4 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik)
Waktu Yang Diperlukan Dalam Memenuhi Permohonan Informasi Publik
Proses untuk memenuhi permohonan informasi publik dilakukan setelah Pemohon Informasi Publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Adapun jangka waktu penyelesaian permohonan informasi publik dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan, dan PPID Pembantu Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman dapat memperpanjang waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja dengan pemberitahuan tertulis.
Tahapan Prosedur Pelayanan Informasi Publik
- Petugas menerima permohonan informasi melalui fax, pos, email, telepon, dan tatap muka.
- Petugas mengarahkan Pemohon terlebih dahulu membuka menu layanan publik di website dinkopukm.slemankab.go.id untuk melihat apakah informasi yang diminta tersedia di website milik Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman.
- Pemohon Informasi diminta mengisi formulir permohonan informasi sesuai format yang disediakan.
- Tim Sekretariat melakukan proses verifikasi kelengkapan administrasi pemohon yaitu salinan bukti identitas diri/badan hukum dan kesesuaian isi formulir dengan identitas diri sebagai WNI/badan hukum Indonesia (sesuai pasal 1 UU KIP) serta mendalami tujuan penggunaan informasi publik dan informasi yang diminta, jika tidak lengkap pemohon diwajibkan melengkapi.
- Tim Sekretariat memberikan tanda bukti penerimaan permintaan informasi publik kepada pemohon sesuai Format Formulir Tanda Terima Penyerahan Dokumen Informasi Publik yang disediakan.
- Tim Sekretariat melaksanakan proses verifikasi:
- Apakah informasi tersebut merupakan informasi yang dikuasai atau tidak.
- Apakah informasi yang diminta termasuk kategori informasi terbuka atau dikecualikan.
- Jika informasi yang diminta termasuk dalam kategori informasi publik dikecualikan maka permohonan ditolak. Langsung ke tahap nomor 13.
- Tim Sekretariat melakukan koordinasi dengan Tim Pendukung dan Tim Pelaksana untuk memproses permohonan informasi.
- Tim Pendukung/Pelaksana menyiapkan informasi publik yang diminta Tim Sekretariat (paling lama 7 hari kerja).
- Tim Sekretariat menerima informasi dan menyusun draf jawaban/tanggapan atas permohonan informasi.
- Tim Sekretariat melapor kepada PPID Pembantu atas draf jawaban/tanggapan yang telah disusun. PPID Pembantu menyetujui atau menolak draf jawaban/tanggapan.
- Bila menyetujui, maka draf jawaban ditandatangani.
- Bila menolak jawaban maka draf dikembalikan pada tahap nomor 9.
- Tim Sekretariat menyampaikan pemberitahuan kepada pemohon untuk pengambilan Informasi.
- Tim Sekretariat menyerahkan Informasi kepada Pemohon.
- Permintaan Informasi Ditolak.
- Pemohon Informasi menerima jawaban/tanggapan informasi publik (paling lama 10 hari kerja sejak diterimanya permohonan), Tim Sekretariat memberikan tanda terima penyerahan dokumen informasi publik kepada pemohon sesuai Format Formulir Tanda Terima Penyerahan Dokumen Informasi Publik yang disediakan.